Home

Senin, 01 Oktober 2012

Peta Google untuk Para Pesepeda


Peta adalah sebuah alat yang penting bagi mereka yang beraktivitas di luar ruangan, tak terkecuali bagi para pesepeda. Pesepeda membutuhkan peta untuk menyusuri jalan atau rute yang belum dikenalnya. Ini penting agar tidak salah jalan atau tersesat.
Jika dahulu kala peta berbentuk gambaran di selembar kertas, kini dengan kemajuan teknologi, peta pun berubah ke bentuk digital. Mulai dari perangkat khusus GPS sampai aplikasi peta di smartphone.
Salah satu aplikasi peta yang paling terkenal dan paling banyak digunakan adalah peta bikinan Google aliasGoogle Maps. Peta Google ini sangat membantu banyak orang, karena dengan Google Maps orang bisa punya peta digital tanpa harus bayar mahal untuk beli sebuah GPS. Karena peta Google bisa diunduh gratis, hara smartphone pun juga banyak yang terjangkau.
Tak hanya soal itu, peta Google banyak disukai karena sangat akurat. Dia juga menyediakan tampilan satelit, petunjuk arah atau navigasi ala perangkat GPS dan sebagainya. Pasti anda yang akrab dengan gadget pasti tahu apa saja kelebihan peta Google itu.
Terkait dengan Google Maps, ada kabar baik untuk para pesepeda. Setelah sebelumnya menyediakan navigasi untuk mobil, angkutan umum, dan pejalan kaki, kini Google Maps juga menyediakan navigasi untuk pesepeda. Seperti dilansir banyak media, fitur baru ini muncul dalam update terbaru Google Maps versi 6.11.1. Bisa juga dilihat di web Google.
Navigasi khusus pesepeda ini, memberikan jalur-jalur yang ramah bagi para pesepeda. Seperti halnya navigasi lainnya, Google Maps akan memberikan garis utuk diikuti pesepeda. Garis hijau ini akan menuntun pesepeda melalui jalur yang akan dilalui. Selain melihat peta itu, pesepeda bisa juga mendengarkan arahan dari headsetnya.
Cukup banyak jalur sepeda yang sudah “ditandai” Google dan masuk databasenya. Raksasa internet ini mengklaim, lebih dari 330.000 mil data base jalur sepeda yang dikumpulkannya. Jalur ini membuat pesepeda bisa aman dari jalan curam, jalan berbahaya, dan jalan tak ramah lainnya. Bahkan Google juga membuat tampilan “street view” versi sepeda. Jika street view jalan dibuat dengan mobil, untuk versi sepeda Google membuat sepeda khusus roda tiga yang mengangkut alat perekam.
Fitur ini menunjukkan bahwa Google sangat pro terhadap sepeda dan gerakan ramah lingkungan atau “Go Green”. Fitur ini sebenarnya sudah dimulai sejak tahun 2010 lalu, ketika Google Maps menambahkan navigasi khusus pesepeda di Amerika Serikat dan Kanada.
Sayangnya, fitur baru Google Maps ini baru ada di beberapa negara saja, yaitu selain AS, Kanada, dan 10 negara eropa yakni: Australia, Austria, Belgia, Denmark, Finlandia, Belanda, Norwegia, Swedia, Swis, dan Inggris. Untuk pesepeda di Indonesia, harus lebih bersabar lagi, karena barusan saya cek di Google Maps saya belum ada. Jadi pesepeda Indonesia belum bisa menikmati layanan ini.
Tapi terlepas dari itu, upaya Google yang pro pesepeda ini layak kita apresiasi. Tentunya sambil berharap pengguna peta Google di Indonesia segera dapat menikmatinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar