Idealnya, kita
ingin berkomunikasi dengan komputer dalam bahasa lisan atau tertulis. Dalam
prakteknya, kita harus mengubah data ke bentuk yang lebih bisa siap diterima
oleh mesin.
KARAKTER
Set huruf, digit
(angka), dan simbol lain digunakan untuk merepresentasikan item data → disebut
character set (set karakter).
Ex:
Tombol space bar
dan tombol delete pada keyboard dianggap sebagai bagian dari set karakter dan
direpresentasikan dengan “space” dan “del”.
Bits & Bytes
• Bagian data
terkecil disebut dengan Bit yang mempunyai nilai; 1 & 0
• Komputer
bekerja dengan koleksi bit tersebut yang digrupkan untuk memwakili sebuah
simbol, misalkan huruf dalam deretan alpabet
• Delapan bit
data disebut satu Byte (1 byte = 1 bit).
• Satu byte data
cukup untuk mewakili satu tabel alphanumeric character
• Dengan satu
byte data komputer dapat menyimpan 256 simbol & karakter yang berbeda
TRANSMISI
KARAKTER
Ketika
tombol (key) pada keyboard dari perangkat input komputer ditekan, perangkat
tersebut menghasilkan sinyal elektris yang merepresentasikan karakter tombol ke
komputer. Transmisi tersebut melewati kabel dari perangkat tersebut ke komputer
dan sinyal untuk setiap karakter merupakan rangkaian pulsa elektris yang
disebut pulse train (lihat Gambar 1).
Gambar 1. Gambaran sederhana dari data yang sedang
ditransmisikan dari perangkat keyboard ke komputer.
RINCIAN
PENTRANSMISIAN KODE
Sekarang
kita akan melihat pulse train (rentetan pulsa) secara lebih rinci. Gambar 2
memberi gambaran rinci mengenai kode pulsa untuk "T" yang ditunjukkan
pada Gambar 1.
Gambar 2. Rincian transmisi tak-sinkron dari karakter
ASCII “T”.
•
Rentetan pulsa
lengkap pada Gambar 2 terdiri atas sepuluh pulsa yang berada dalam rangkaian,
dimana masing-masing berada pada tingkat tinggi atau tingkat rendah. Dua
tingkat ini berturut-turut direpresentasikan dengan 1-an dan 0-an.
•
BIT. Sistem perepresentasian tingkatan pulsa dengan
simbol "0" dan "1" sama dengan sistem perepresentasian
bilangan yang disebut binary number system (sistem bilangan biner). Sistem
bilangan biner juga hanya menggunakan dua simbol "0" dan
"1". Perlu diingat bahwa Binary diglTS disebut
BITS dan perlu dicatat bahwa pulsa pada Gambar 2 direpresentasikan dengan
sepuluh bits, yang dilabeli dengan Bit 0 sampai Bit 9.
•
Character
Codes (kode karakter). Kombinasi
biasa dari 0-an dan 1-an digunakan untuk bit 1 sampai 7 yang ada pada Gambar 2
telah dipilih untuk merepresentasikan karakter "T". Jadi, kita
memiliki "7-bit code yang merepresentasikan karakter "T".
•
ASCII. Kode 7-bit yang baru dideskripsikan sesuai dengan
suatu standart yang disebut ASCII. ASCII kependekan dari American Standard Code
for Information Interchange. Kode ASCII banyak digunakan di kalangan industri
komputer. Set karakter ASCII ditunjukkan pada Gambar 3.
Gambar 3. Set karakter ASCII
Start
Bits and Stop Bits. Bit 0 dalam
Gambar 2 disebut "start bit". la merupakan bit pertama dalam rentetan
pulsa yang akan ditransmisikan. Tujuannya adalah untuk menandai awal
pentransmisian karakter ke receiver atau penerima (dalam hal ini komputer). Bit
9, yakni "stop bit", menandai akhir dari pentransmisian.
•
Start bit dan
stop bit selalu merupakan polaritas yang berlawanan (yakni. jika salah satu
adalah 1, maka yang lain adalah 0), sehingga perubahan tingkal pulsa akan
terjadi ketika start bit ditransmisikan. Pada beberapa sistem digunakan dua
stop bit.
Alur Pemrosesan Data
Faktor Yang Mempengaruhi Kecepatan Proses
• Register
- Sejumlah area
memori kecil yang digunakan untuk menyimpan instruksi selama proses
berlangsung
- Ukuran dari
register (work size) sesuai dengan jumlah data yang bisa diproses dalam
satu
satuan waktu
- PC register
saat ini 32 bit, artinya komputer mampu untuk memproses 4 byte data sekali
jalan. Register akan terus berkembang ke 64
bit
• RAM
- Ukuran RAM
berpengaruh langsung pada speed
- Semakin besar
ukuran RAM pada PC akan semaki banyak data disimpan di memori.
- Jika aplikasi
tidak cukup di load ke memori, maka secara bergantian dipindahkan ke
secondary storage proses ini disebut swapping
• The System
Clock
- Satu “Tick”
dari clock dibutuhkan untuk merubah transistor dari On ke Off disebut dengan
Clock Cycle
- Clock Cycle
ukuran dalam Hertz (Hz) untuk mengukur Cycle per second. Jika PC
mempunyai kecepatan 300 Mhz, then its system
clock “ticks” 300 milion times every
second.
- Jika lebih
cepat PC Clock berjalan, maka semakin banyak perintah-perintah yang dieksekusi
• The Bus
- Sebuah path
diantara komponen dan komputer setiap data yang dikirimkan antar komponen
melewati path
- Lebar Bus data
menentukan seberapa banyak data ditransmisikan diantara CUP dan device
lain
- Peripheral devices
are connected to the CPU by an expansion bus
• Chace Memory
- Memory
kecepatan tinggi untuk menyimpan instruksi yang akan dieksekusi oleh CPU
- Lokasi Chace
langsung pada CPU diantara CPU dengan RAM sehingga lebih cepat
dibandingkan dengan RAM
- CPU Resident
chace is called level-1(L1) chace. External chace is called level-2 (L2) chace
- Kapasiatas
Chace memory sangat berpengaruh pada kecepatan komputer
Tidak ada komentar:
Posting Komentar